Beranda Teknologi Apa Itu IP Address ?

Apa Itu IP Address ?

190

Mungkin bagi kalian yang baru masuk di dunia jaringan akan kebingungan apa itu IP Address, apalagi jika kalian masuk ke SMK dengan jurusan TKJ tapi kamu belum tau tentang apa itu IP Address. Buat kamu yang belum tau mengenai IP Address, di sini saya akan memberikan pengertian IP Address, Macam Macam IP Address, Dan Kelas kelas IP Address.

Apa itu IP Address ?

Pengertian IP Address, IP Address adalah alamat identifikasi computer/host/perangkat yang terhubung dalam jaringan. Dengan berlabel numeric, IP Address terdiri dari 32 bit angka bine yang di tulis dalam 4 bilangan decimal dan pisahkan dengan tanda titik. Dengan di mulai dari 0.0.0.1 sampai dengan 255.255.255.255

IP Address ini terdiri dari 2 bagian yang menjadi fungsi dasar yaitu.

  • HOST ID. Host ID ini sebagai alat identifikasi host atau antar muka pada sebuah jaringan. Kita bisa menggunakan nama orang yang melekat pada masing masing individu yang berfungsi untuk mengenali siapa orang tersebut.
  • Network ID. Untuk Network ID ini sebagai alamat lokasi jaringan. Kita bisa menggunakan analogy alamat rumah yang menunjukan keberadaan lokasi kita. Untuk memudahkan pengiriman paket data, maka IP Address ii memuat informasi keberadaanya.

Tidak hanya itu IP Address juga di bagi menjadi 2 bagian yaitu IP Pulick dan IP Private. Masing masing mempunyai fungsi tersendiri, berikut pengertian dari 2 bagian IP Address tersebut.

  • IP Public IP ini di miliki pada setiap computer atau perangkat yang terhubung lainnya menggunakan jaringan internet (Public). Kepemilikian ini di atur oleh vendor vendor terkait seperti Internet Service Provider atau ISP. Lebih enaknya IP Public ini adalah IP yang bisa kalian akses menggunakan Internet yang bersifat Public atau bisa kamu akses dimanapun kalian berada asalkan ada akses internet.
  • IP Private IP ini yang digunakan pada computer atau perangkat yang terhubung pada jaringan berskala, atau menggunakan Jaringan LAN (Local Area Network)

Kemudian, jika kita lihat dari bagaimana cara konfigurasi untuk mendapatkan IP Address pada computer atau sebuah perangkat, maka IP Address disini di bagi menjadi 2 jenis yaitu

  • IP Dinamis
  • IP Statis

IP Dinamis adalah pemberian secara otomatis dalam jaringan public maupun private yang akan di berikan kepada computer atau perangkat yang terhubung pada suatu jaringan Sedangkan

IP Statis adalah pemberian IP Address yang terhubung ke dalam suatu jaringan secara manual, yang mana kita harus memasukan IP Address untuk dapat terhubung pada sebuah jaringan.
Dan jika kita ingin mengkonfigutasi IP Address maka aka nada IPv4 dan IPv6 apa maksud dari 2 IP tersebut ?

IPv4 adalah versi umum yang biasa digunakan sampai saat ini, IP ini terdiri dari 4 oktet, dimana setiap octet mampu menangani 255 buah computer atay perangkat di dalamnya. Dan jika kita kalkulasikan 255 x 255 x 255 x 255 = 4.228.250.625 Host. Angka besar ini sudah lagi tidak relavan dengan teknologi yang sudah besar pada zaman ini. Untuk mengatasi keterbatasan ini salah satu caranya bisa menggunakan NAT (Network Address Translation) yaitu cara untuk membagi, mengubah, dan juga memodifikasi dari sebuah IP Address

IPv6 ini adalah pengalamatan versi terbaru pada sebuah jaringan yang bisa digunakan untuk menangani masalah keterbatasan daya tamping dari versi sebelumnya yaitu IPv4. Jika IPv4 hanya memiliki 4 oktet beda dengan IPv6 ini yang mempunyai 16 oktet yang dikalkulasikan menjadi 3.4 triliyun Host.

Kelas Kelas IP Address

Tidak hanya jenis jenis IP Address saja, tetapi IP Address juga mempunyai 4 kelas dalam IP Address. Yaitu kelas A, kelas B, Kelas C dan juga kelas D

Bagaimana sudah paham dengan IP Address ini ? Jadi IP Address ini mempunyai jenis dan kelas masing”. Dan kelas kelas ini mempunyai fungsi yang sama, hanya saja jika kelas A ini digunakan oleh orang yang mempunyai host besar seperti ISP (internet Service Provider)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here