Beranda Home and Living Inilah Yang Membuat Anda Sering Bongkar Pasang Pipa!

Inilah Yang Membuat Anda Sering Bongkar Pasang Pipa!

24
Inilah Yang Membuat Anda Sering Bongkar Pasang Pipa!
Gambar: Freepik

Kurang telitinya dalam menghitung kebutuhan pipa maupun fitting pipa membuat Anda keliru memutuskan. Apalagi jika dana yang disediakan terbatas. Mau tidak mau, Anda membuat inovasi sendiri dengan hanya memasang sekehendak hati. Kasus yang paling sering ialah menggunakan pipa yang ukurannya kurang lebih sama. Masalahnya, ini dibuat untuk berbagai kebutuhan saluran. Hasilnya, tekanan airnya agak melambat sehingga Anda perlu merubahnya kembali.

Sebenarnya bila Anda mau keluar modal lebih, Anda tidak perlu mengalaminya. Anda hanya perlu merencanakan dengan baik tentang sistem pemipaan yang terdapat di dalam rumah. Perencanaan ini akan menggambarkan berapa banyak pipa yang dibutuhkan sesuai ukuran dan jenisnya.

Tentunya, ukuran pipa untuk saluran utama akan jauh lebih besar. Sementara saluran pipa di berbagai tempat akan lebih kecil. Contohnya ialah saluran masuk ke wastafel dan tempat cuci piring. Terkadang perencanaannya sudah matang. Cuma, ukuran pipanya masih terlalu besar.

Bongkar Pasang Pipa, Haruskah?
Gambar: Timothyoffheating[dot][com]
Besarnya ukuran pipa lantas membuat penggunaan air akan semakin boros. Akibatnya, seseorang melakukan pergantian supaya terhindar dari masalah tersebut. Dalam pergantiannya, sebenarnya Anda hanya perlu mengganti beberapa pipa saja. Yang dimaksud di sini ialah ukurannya. Sementara untuk jenis pipa, yang terbaik adalah rilisan dari Rucika.

Rucika sendiri sudah terbukti memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna materialnya. Bahannya lebih berkualitas, dan lebih tahan terhadap tekanan air sesuai kebutuhannya. Setelah memutuskan untuk membeli beberapa pipa yang lebih kecil, saatnya Anda melakukan pemasangan. Anda tidak perlu lagi membuat saluran dari sumber airnya. Cukup ambil dari saluran air yang utama saja.

Yang Anda perlukan adalah fitting pipa. Fitting atau penyambung pipa ini bisa dimanfaatkan untuk menyambung pipa meskipun ukurannya berbeda. Fitting yang pas adalah fitting reducer. Jenis fitting ini ditujukan untuk mengurangi jumlah air dalam saluran utama. Karakteristiknya ialah memiliki lubang besar untuk saluran utama, dan lubang kecil untuk pipa kecil yang telah Anda beli.

Pastikan bahwa ukuran dari ujung fitting ini sesuai dengan ujung masing-masing pipa. Agar lebih sesuai ukurannya, dapatkan dari produk yang sama. Misalnya pipanya dari rucika, maka FittingĀ  yang akan digunakan juga harus Rucika.

Setelah memperolehnya, tinggal lakukan penyambungan. Untuk penyambungannya, gunakan lem perekat untuk membuatnya lebih erat. Selain itu, adanya lem memungkinkan salurannya akan lebih tahan bocor. Maka dari itu, pastikan Anda melengkapi Fitting pipa ini dengan lem yang sesuai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here