Beranda Lifestyle Kesehatan Tips Merawat Rambut dan Kulit Kepala agar Tetap Sehat selama Masa Pandemi

Tips Merawat Rambut dan Kulit Kepala agar Tetap Sehat selama Masa Pandemi

93
Tips Merawat Rambut dan Kulit Kepala agar Tetap Sehat selama Masa Pandemi

Beberapa klinik spesialis kulit tak hanya menyediakan perawatan untuk kulit wajah dan tubuh, melainkan juga rambut. Hal ini disebabkan beberapa masalah muncul juga di kulit kepala, sebut saja ketombe hingga kerontokan rambut.

Sayangnya, sejak Covid-19 menyebar ke seluruh penjuru dunia, rutinitas perawatan rambut di klinik pun dibatasi hingga dihentikan sampai waktu yang ditentukan. Anda yang sudah terbiasa berkunjung ke klinik mungkin kebingungan karena tak mendapatkan layanan yang dibutuhkan.

Namun, langkah-langkah berikut bisa Anda lakukan untuk memelihara rambut selama masa pandemi Covid-19 ini:

  • Rutin membersihkan rambut dan kulit kepala

Membersihkan rambut dengan sampo termasuk perawatan simpel yang bisa Anda lakukan selama masa pandemi. Dalam hal ini, pilihlah sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut dan disarankan terbuat dari bahan herbal. Setelah Anda selesai keramas, keringkan rambut secara alami untuk menghindari kerusakan. Kurangi penggunaan hair-dryer untuk tetap menjaga kesehatan rambut.

  • Pakai sarung bantal berbahan sutra

Kebanyakan orang mungkin belum mengetahui bahwa sarung bantal kapas berisiko mengusutkan rambut lebih cepat. Kalau Anda tak mau berhadapan dengan kerontokan, gantilah sarung bantal dengan yang berbahan sutra. Selain lebih halus, bahan tersebut tak akan mengganggu rambut. Jadi rambut Anda bisa diatur dengan mudah.

  • Hindari mengeringkan rambut dengan handuk biasa

Mengeringkan rambut dengan handuk biasa ternyata kurang direkomendasikan. Gesekan yang terjadi akan membuat rambut cepat patah, bercabang, hingga rusak. Kalau Anda memang ingin mengurangi kandungan air pada rambut setelah keramas, pakailah handuk berbahan mikrofiber atau katun yang lebih lembut.

  • Rajin mengaplikasikan masker rambut

Mengandalkan sampo saja untuk menjaga kesehatan rambut sebenarnya belum cukup. Anda harus mengimbanginya dengan produk lain seperti kondisioner dan masker. Keduanya akan mencegah dehidrasi pada rambut dan kulit kepala setelah keramas. Kandungan pada kondisioner dan masker pun akan memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kekuatan khususnya pada akar rambut.

  • Menjaga pola dan asupan makan sehari-hari

Kesehatan rambut dan kulit kepala tergantung pula pada makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, protein dan mineral. Beberapa jenis makanan yang direkomendasikan untuk menjaga kualitas rambut dan kulit kepala antara lain alpukat, bayam, dan yoghurt.

  • Menggunakan jenis sisir yang sesuai

Berfungsi untuk merapikan rambut, sisir yang Anda gunakan berpengaruh besar terhadap kualitas rambut. Jika Anda memiliki rambut panjang, sebaiknya gunakan sisir yang terbuat dari kayu agar rambut tak mudah kusut dan patah. Sisir dari bahan plastik masih bisa Anda gunakan, hanya saja tak sekuat yang terbuat dari kayu.

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala dengan menggunakan layanan online dari Klinik ERHA. ERHA sebagai klinik spesialis kulit berpengalaman menghadirkan layanan ERHAIR Hair Growth and Scalp Program yang mencakup perawatan rambut dan kulit kepala. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dan membeli produk untuk rambut secara online dengan mudah, cukup akses bit.ly/ERHAdirumahaja untuk mengetahui info yang lebih lengkap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here